Jumat, 16 September 2011

Sejarah Peradaban Romawi Kuno


Sejarah Peradaban Romawi kuno tak dilepaskan dari sejarah peradaban Yunani Kuno, karena bangsa Romawi ini adalah bangsa yang penjajah, dan banyak kebudayaan Yunani Kuno yang diambil melalui proses adaptasi maupun adopsi.
 Namun, kita tidak bisa memnugkiri bahwa bangsa Romawi adalah bangsa yang besar yang pernah menguasai lebih dari separuh benua eropa, bahkan kekuasaannya sampai pada Asia, dan mengalahkan raja-raja di Asia maupun di Afrika.

Peradaban Romawi
Peradaban Romawi tumbuh dan berkembang di sbuah kota yang bernama Roma yang didirikan oleh orang yang berkebangsaan Yunani bernama Remus dan Romulus. Kota Roma diperkirakan berdiri sejak abad ke-7. Remus dan Romulus adalah dua saudara kerajaan Yunani yang melarikan diri dari perang Troya.
Romawi biasa dibilang sebagai pusat peradaban dunia, karena dari sinilah ilmu-ilmu praktis bermunculan. Mungkin Yunani adalah pusat para filsuf yang berbicara masalah teori, tetapi Romawi lebih menerapkan ilmu praktis. Maka dari itu Romawi terkenal dengan tabiatnya yang suka berperang. Mereka haus kekuasaan dan meluaskan wilayah dengan menjajah wilayah Eropa Barat dan Asia Timur.
Perkembangan peradaban Romawi dilakukan oleh suku Latia. Sebuah suku kebangsaan Eropa yang menempati wilayah yang dinamakan Latium. Latium merupakan lembah yang subur dan kaya akan pegunungan yang hijau. Penduduk Latium kemudian menyebut mereka bangsa Latin dan mengembangkan tulisan mereka, tulisan latin.
Roma yang didirikan banga Yunani tersebut menjadi pusat kebudayaan bangsa Latin. Roma menempati tempat yang strategis yaiutu terletak diantara lembah Tiber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar